Judul : Soal Motor Otomotif Kelas XI pilihan ganda dan essay, [ diktrus-otomotif ]
link : Soal Motor Otomotif Kelas XI pilihan ganda dan essay, [ diktrus-otomotif ]
Soal Motor Otomotif Kelas XI pilihan ganda dan essay, [ diktrus-otomotif ]
SOAL TEORI SEMESTER GASAL
MOTOR OTOMOTIF KELAS XI
I. Pilihan ganda
- Yang bukan penyebab kompresi rendah pada motor bakar adalah
a. Setelan katup tidak tepat d. Batang katup tersangkut
b. Katup choke tertutup e. Gasket kepala silinder bocor
c. Ring piston aus
- Tenaga mesin yang lemah atau hilang bisa disebabkan oleh�. kecuali
a. Tekanan kompresi rendah d. Katup choke tertutup
b. Sistem pengapian tidak tepat e. Mesin belum mencapai temperatur kerja
c. Campuran bahan bakar udara miskin
- Ledakan dan detonasi yang terjadi pada motor bakar bisa disebabkan oleh
a. Muffler belum terpasang d. Mekanisme choke rusak
b. Katup terbakar e. Gasket kepala silinder bocor
c. Busi rusak atau kotor
- Permukaan sudut katup pada motor bakar 4 langkah adalah sebesar
a. 38,50� 40,50 d. 44,50 - 45,50
b. 40,50 - 41,50 e. 46,50 - 49,50
c. 42,50 - 44,50
- Berikut ini adalah nama bagian yang terdapat pada kepala silinder motor 4 langkah, kecuali
a. Valve spring, intake port, water jacket
b. Adjusting shim, valve lifter, spark plug
c. Valve retainer, exhaust port, intake valve
d. Intake camshaft, release bearing, oil seal
e. Exhaust camshaft, oil seal, adjusting shim
- Untuk mencegah katup melayang pada kecepatan tinggi, maka digunakan pegas yang..
a. Ukuran diameter lubang lebih besar d. Jumlah pegasnya ganda
b. Ukuran penampang besi pegas lebih besar e. Ukurannya lebih panjang
c. Bentuk penampang besi pegas pipih
- Salah satu tujuan celah katup buang dibuat lebih besar dari celah katup masuk adalah agar
a. Suaranya halus d. Mudah membedakan ukuran celahnya
b. Tekanan kompresi tinggi e. Katup buang tidak overheating
c. Mudah melepaskan gas buang
- Yang bukan merupakan metode mengeraskan baut pada kepala silinder adalah
a. Elastic region d. pneumatic region
b. Konvensional e. a dan b benar
c. plastic region
- Yang dimaksud direct injection pada motor bakar adalah jenis penyemprotan bahan bakar ke
a. Ruang bakar d. Saluran injektor
b. Saluran masuk e. Saluran buang
c. Lubang vemturi karburator
- Bagian yang mengatur tekanan udara pada sistem pendinginan adalah
a. radiator d. pompa air
b. reservoir e. tutup radiator
c. termostat
- Bagian dari karburator yang berfungsi menambah jumlah bahan bakar yang di semprotkan ke lubang venturi disebut
a. Main jet d. nozzle
b. Pompa akselerasi e. slow port
c. Pompa injeksi
- Katup dinamakan pada posisi overlap terjadi pada saat
a. Menjelang akhir langkah kompresi d. Menjelang awal langkah kompresi
b. Menjelang akhir langkah buang e. Menjelang akhir langkah usaha
c. Menjelang awal langkah hisap
- Pembuatan bentuk piston dimana ukuran diameter bagian atas piston lebih kecil dari bagian atas disebut
a. Oval b. Circle c. Cylinder cone d. Circular truncated cone e. tubular
- Perbedaan tekanan kompresi yang diijinkan untuk masing-masing silinder adalah
a. 0,5 kg/cm2 c. 1,0 kg/cm2 d. 1,5 kg/cm2 e. 2,0 kg/cm2
b. 2,5 kg/cm2
- Tali penggerak kipas pendingin yang mempunyai bentuk gigi pada permukaan yang bersinggungan disebut tipe
a. V belt c. Ribbed belt d. Timing belt
b. Gear belt e. Driven belt
- Alat yang dipakai untuk memeriksa kelengkungan intake dan exhaust manifold pada motor bakar adalah
a. Jangka sorong dan mistar baja d. Mistar baja dan caliper gauge
b. Micrometer dan feeler gauge e. Feeler gauge dan mistar baja
c. Dial indicator dan mistar baja
- Penggolongan pemakaian minyak pelumas pada otomotif biasa didasarkan pada
a. Kapasitas d. kuantitas
b. Viskositas e. beban mesin
c. kualitas
- Alat yang dipakai untuk memasang ring kompresi pada motor bakar disebut
a. Ring expander d. Ring pressure
b. Ring compressor e. Ring kompresi gauge
c. Ring gauge
- Pemeriksaan kelayakan pakai yang dilakukan pada tali penggerak kipas pendingin seperti tersebut di bawah ini, kecuali pemeriksaan
a. Kekencangan dan keausan d. Masa kerja dan kelurusan
b. Kekendoran dan keretakan e. Kelurusan dan keausan
c. Terkena minyak pelumas dan kekendoran
- Kemungkinan penyebab air pendingin bercampur dengan minyak pelumas adalah �.., kecuali
a. Gasket blok silinder retak
b. Water jacket kepala silinder retak
c. Gasket water pump rusak
d. Gasket kepala silinder rusak
e. Saluran pelumasan di blok silinder retak
- Alat untuk memeriksa kebocoran tekanan pada sistem pendinginan air pada mesin disebut
a. Radiator cap tester d. Pressure tester
b. Radiator tube e. Thermostat dan by pass
c. Radiator gauge
- Bagian mesin yang bertugas menggerakkan katup untuk bergerak membuka dan menutup disebut
a. Cam shaft d. Propeller shaft
b. Main shaft e. Over head valve
c. Idle shaft
- Dalam posisi top 1, tanda puley segaris dengan angka 0 adalah
a. Kedua katup silinder 4 bebas d. Katup silinder No 1 dan 2 bebas
b. Kedua katup silinder No 1, bebas e. Katup masuk No 1dan no 3, bebas
c. Kedua katup No 2, bebas
- Untuk motor dengan 4 silinder , jika Top 4 berarti piston silinder No. 1 sedang melakukan langkah
a. Hisap c. kompresi d. Usaha
b. Buang e. Akhir langkah kompresi
- Salah satu fungsi sistem bahan bakar pada motor adalah� kecuali
a. Mensuplai bahan bakar ke ruang bakar
b. Memisahkan bahan bakar dengan air
c. Mencampur bahan bakar udara menjadi kabut
d. Mengubah kadar oktan bahan bakar pada mesin
e. Mengatur putaran mesin sesuai beban
- Fungsi utama pompa bahan bakar adalah
a. menampung bahan bakar
b. menekan bahan bakar ke saringan
c. mengisap bahan bakar
d. mengisap dan menekan bahan bakar ke karburator
e. mengukur jumlah bahan bakar yang akan di pompa
- Tulisan PS pada kendaraan angkutan menunjukkan
a. Gaya mesin pada putaran mesin per menit
b. Momen puntir pada mesin
c. Daya mesin pada putaran mesin per menit
d. Energi potensial pada mesin
e. Perputaran tenaga mesin per menit
- Jumlah bahan bakar udara yang dihisap masuk ke dalam silinder tanpa bantuan komponen tambahan saat mesin bekerja di kenal dengan istilah
a. Efisiensi volumetrik
b. Efisiensi pengisian
c. Efisiensi kompresi
d. Perbandingan kompresi
e. Efisiensi panas mesin
II. Essay
- a. Apa yang dimaksud dengan mekanisme katup ?
b. Gambarkan mekanisme katup pada motor bakar 4 langkah !
- a. Apa fungsi dari sistem pendinginan ?
b. Gambar diagram aliran air pendingin pada mesin mobil berikut nama komponennya.
- Sebut dan jelaskan 4 fungsi minyak pelumas pada motor bakar !
- Sebutkan 4 penyebab keausan dan kerusakan pada lubang silinder motor 4 langkah !
- a. Jelaskan cara memeriksa celah ujung ring piston !
b. Jelaskan cara memasang ring piston pada motor 4 langkah !
6. Jelaskan cara memeriksa run out camshaft, alat apa saja yang dipergunakan ?
Demikianlah Artikel Soal Motor Otomotif Kelas XI pilihan ganda dan essay, [ diktrus-otomotif ]
Sekianlah artikel Soal Motor Otomotif Kelas XI pilihan ganda dan essay, [ diktrus-otomotif ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Soal Motor Otomotif Kelas XI pilihan ganda dan essay, [ diktrus-otomotif ] dengan alamat link http://diktrus.blogspot.com/2015/10/soal-motor-otomotif-kelas-xi-pilihan.html
0 Response to "Soal Motor Otomotif Kelas XI pilihan ganda dan essay, [ diktrus-otomotif ] "
Posting Komentar