Judul : Contoh Soal Sistem Transmisi dan jawaban, [ diktrus-otomotif ]
link : Contoh Soal Sistem Transmisi dan jawaban, [ diktrus-otomotif ]
Contoh Soal Sistem Transmisi dan jawaban, [ diktrus-otomotif ]
Soal Sistem Transmisi Pilihan Ganda da Essay
PETUNJUK KHUSUS
I. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a,b,c,d, atau e, di lembar jawab yang tersedia!
1. Letak dari pesawat kopling berada �
a. Tepat ditengah transmisi
b. Diantara engine dan transmisi
c. Diantara transmisi dan poros penggerak
d. Berada di poros deffrensial
e. Berada di tengah engine
I. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a,b,c,d, atau e, di lembar jawab yang tersedia!
1. Letak dari pesawat kopling berada �
a. Tepat ditengah transmisi
b. Diantara engine dan transmisi
c. Diantara transmisi dan poros penggerak
d. Berada di poros deffrensial
e. Berada di tengah engine
2. Yang bukan Syarat- syarat yang harus dipenuhi pesawat kopling adalah �
a. Dapat menghubungkan putaran dengan lembut
b. Dapat memindahkan tenaga motor ke transmisi dengan slip
c. Dapat memutuskan hubungan dengan sempurna dan cepat.
d. Mempunyai daya tahan gesek yang tinggi
e. Tahan panas dan kuat
a. Dapat menghubungkan putaran dengan lembut
b. Dapat memindahkan tenaga motor ke transmisi dengan slip
c. Dapat memutuskan hubungan dengan sempurna dan cepat.
d. Mempunyai daya tahan gesek yang tinggi
e. Tahan panas dan kuat
3. Bagian kopling yang dibuat menyatu dengan roda gila adalah �
a. Clucth coil
b. Release spring
c. Clucth disc
d. Release silinder
e. Clucth cover
a. Clucth coil
b. Release spring
c. Clucth disc
d. Release silinder
e. Clucth cover
4. Arti dari Clutch Assembly adalah �.
a. Kopling dalam satu set
b. Komponen � komponen kopling
c. Komponen kopling yang harus diganti saat pembongkaran
d. Kopling dengan sumber tenaga dari mesin
e. Pesawat untuk memutus dan menghubungkan putran mesin
5. Komponen yang berfungsi untuk menekan/menjepit kampas kopling hingga terjadi
a. Kopling dalam satu set
b. Komponen � komponen kopling
c. Komponen kopling yang harus diganti saat pembongkaran
d. Kopling dengan sumber tenaga dari mesin
e. Pesawat untuk memutus dan menghubungkan putran mesin
5. Komponen yang berfungsi untuk menekan/menjepit kampas kopling hingga terjadi
perpindahan tenaga dari mesin ke poros transmisi adalah �
a. Pressure plate
b. Driven plate atau friction disc
c. Clutch release atau throwout bearing
d. Throwout lever/clutch fork
e. Pressure spring
a. Pressure plate
b. Driven plate atau friction disc
c. Clutch release atau throwout bearing
d. Throwout lever/clutch fork
e. Pressure spring
6. Komponen kopling berfungsi untuk memberikan tekanan yang bersamaan pada pressure plate
lever dan menghindarkan terjadinya gesekan antara pengungkit dengan pressure plate lever
adalah �
a. Pressure plate (plat penekan)
b. Driven plate atau friction disc
c. Clutch release atau release bearing
d. Throwout lever/clutch fork
e. Pressure spring
a. Pressure plate (plat penekan)
b. Driven plate atau friction disc
c. Clutch release atau release bearing
d. Throwout lever/clutch fork
e. Pressure spring
7. Komponen kopling yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga pembebas kopling...
a. Pressure plate (plat penekan)
b. Driven plate atau friction disc
c. Clutch release atau release bearing
d. Throwout lever/clutch fork
e. Pressure spring
a. Pressure plate (plat penekan)
b. Driven plate atau friction disc
c. Clutch release atau release bearing
d. Throwout lever/clutch fork
e. Pressure spring
8. Yang bukan merupakan komponen pengoperasian kopling mekanik adalah �
a. Pedal kopling
b. Kabel kopling
c. Silinder kopling
d. Batang ulir ujung kabel kopling
e. Pegas pengendali pedal kopling
9. Pada pengoperasian kopling mekanik komponen yang berfungsi untuk memindahkan gerakan
a. Pedal kopling
b. Kabel kopling
c. Silinder kopling
d. Batang ulir ujung kabel kopling
e. Pegas pengendali pedal kopling
9. Pada pengoperasian kopling mekanik komponen yang berfungsi untuk memindahkan gerakan
tenaga injakan kaki pengemudi pada pedal kopling ke tuas pembebas kopling adalah �
a. Silinder kopling
b. Pedal kopling
c. Kabel kopling
d. Batang ulir ujung kabel kopling
e. Pegas pengendali pedal kopling
a. Silinder kopling
b. Pedal kopling
c. Kabel kopling
d. Batang ulir ujung kabel kopling
e. Pegas pengendali pedal kopling
10. Pada pengoperasian kopling mekanik komponen yang berfungsi untuk mengembalikan posisi
pedal kopling setelah dipergunakan untuk mengoperasikan kopling adalah �
a. Silinder kopling
b. Pedal kopling
c. Kabel kopling
a. Silinder kopling
b. Pedal kopling
c. Kabel kopling
d. Boster kopling
e. Pegas pedal kopling
11. Komponen kopling hidrolis , yang berfungsi untuk merubah gerak mekanis dari pedal
11. Komponen kopling hidrolis , yang berfungsi untuk merubah gerak mekanis dari pedal
kopling menjadi tekanan minyak hidrolis adalah �
a. Master silinder d. Boster kopling
b. Pipa hidrolis e. Pegas pengendali kopling
c. Silinder hiodrolis
a. Master silinder d. Boster kopling
b. Pipa hidrolis e. Pegas pengendali kopling
c. Silinder hiodrolis
d. Boster kopling
e. Pegas pengendali kopling
e. Pegas pengendali kopling
12. Yang dimaksud dengan friction cluch adalah �..
a. Kopling jenis bergigi dalam proses pemindahan tenaganya
b. Kopling jenis gesek dalam proses pemindahan tenagannya
c. Piringan yang digerakan berhubungan sistem pemindah tenaga yang lainnya
d. Roda penyimpan gaya kelembaman putaran mesin
e. Unit kopling bersama kelengkapannya.
13. Alat yang digunakan untuk mengukur kedalaman paku keling pada kampas kopling adalah ...
a. Dial gauge d. Magnetic dial
b. Vernier caliper e. Pivot gauge
c. Mikrometer
a. Dial gauge d. Magnetic dial
b. Vernier caliper e. Pivot gauge
c. Mikrometer
d. Magnetic dial
e. Pivot gauge
e. Pivot gauge
14. Lapisan plat kopling disebut dengan kanvas kopling terbuat dari paduan bahan asbes dan
logam. Paduan ini dibuat dengan tujuan agar plat kopling dapat memenuhi persyaratan ...
a. Dapat menahan beban akibat putaran fly wheel yang berasal dari mesin
b. Bahan tersebut tahan terhadap beban arah aksial dan arah radial
c. Tahan terhadap tekanan pegas kopling
d. Tenaga saat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan
e. Tahan terhadap panas, gesekan dan dapat mencengkeram dengan baik.
15. Pada bagian plat kopling terdapat torsion damper/torsion rubber yang berfungsi sebagai...
a. Menambah tenaga putaran mesin
b. Mempercepat perpindahan putaran dan tenaga dari mesin ke transmisi
c. Meredam kejutan saat kopling mulai berhubungan dalam arah aksial
d. Sebagai bidang gesek
e. Sebagai penekan pegas kopling sehingga memperlembut saat kopling berhubungan.
a. Dapat menahan beban akibat putaran fly wheel yang berasal dari mesin
b. Bahan tersebut tahan terhadap beban arah aksial dan arah radial
c. Tahan terhadap tekanan pegas kopling
d. Tenaga saat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan
e. Tahan terhadap panas, gesekan dan dapat mencengkeram dengan baik.
15. Pada bagian plat kopling terdapat torsion damper/torsion rubber yang berfungsi sebagai...
a. Menambah tenaga putaran mesin
b. Mempercepat perpindahan putaran dan tenaga dari mesin ke transmisi
c. Meredam kejutan saat kopling mulai berhubungan dalam arah aksial
d. Sebagai bidang gesek
e. Sebagai penekan pegas kopling sehingga memperlembut saat kopling berhubungan.
16. Fungsi dari release bearing atau throwout bearing pada mekanisme kopling adalah �
a. menyalurkan tenaga pembebas kopling
b. untuk menjepit atau menekan kampas kopling hingga terjadi perpindahan tenaga
c. Memberikan tekanan yang bersamaan pada pressure plate lever
d. Untuk mendapatkan sentuhan yang halus saat plat kopling mulai terjepit
e. meredam kejutan saat kopling mulai berhubungan dalam arah aksial
17. Salah satu pemeriksaan pada pegas diafragma dengan cara pengukuran kedalaman dan lebar
a. menyalurkan tenaga pembebas kopling
b. untuk menjepit atau menekan kampas kopling hingga terjadi perpindahan tenaga
c. Memberikan tekanan yang bersamaan pada pressure plate lever
d. Untuk mendapatkan sentuhan yang halus saat plat kopling mulai terjepit
e. meredam kejutan saat kopling mulai berhubungan dalam arah aksial
17. Salah satu pemeriksaan pada pegas diafragma dengan cara pengukuran kedalaman dan lebar
keausan bekas gesekan release bearing. Kedalaman maksimal keausan pada pegas diafragma
adalah �.
a. 0,5 mm
b. 0,6 mm
c. 0,7 mm
d. 0,8 mm
e. 1 mm
a. 0,5 mm
b. 0,6 mm
c. 0,7 mm
d. 0,8 mm
e. 1 mm
18. Pemeriksaan dan pengukuran kedalaman paku keling dengan jangka sorong batas kedalaman
paku keling adalah �
a. 0,6 mm
a. 0,6 mm
b. 0,5 mm
c. 0,4 mm
d. 0,3 mm
d. 0,3 mm
e. 0,2 mm
19. Pemeriksaan dan penyetelan pedal kopling perlu dilakukan. Ukuran tinggi pedal kopling dari
19. Pemeriksaan dan penyetelan pedal kopling perlu dilakukan. Ukuran tinggi pedal kopling dari
lantai adalah ...
a. 156 � 166 mm
b. 157 � 167 mm
c. 160 � 176 mm
d. 161 � 177 mm
e. 180 � 199 mm
a. 156 � 166 mm
b. 157 � 167 mm
c. 160 � 176 mm
d. 161 � 177 mm
e. 180 � 199 mm
20. Yang bukan merupakan komponen pengoperasian kopling sistem mekanik adalah �.
a. Pedal kopling
b. Kabel kopling
c. Minyak kopling
a. Pedal kopling
b. Kabel kopling
c. Minyak kopling
d. Pegas pengendali
e. Batang ulir ujung kabel
e. Batang ulir ujung kabel
21. Komponen yang berfungsi mengubah gerakan mekanis dari pedal kopling menjadi tekanan
minyak hidrolis adalah �.
a. Pipa hidrolis
b. Silinder kopling
c. Master silinder kopling
d. Boster kopling
e. Pedal kopling
a. Pipa hidrolis
b. Silinder kopling
c. Master silinder kopling
d. Boster kopling
e. Pedal kopling
22. Yang merupakan penyebab dari kopling slip adalah �.
a. Dudukan mesin atau transmisi rusak
b. Keausan pada sambungan pengoperasian kopling
c. Kabel kopling memanjang
d. Pilot bearing rusak
e. Gerakan bebas kopling berlebihan
23. Penyebab gerakan kendaraan yang mengejutkan pada sistem kopling karena �.
a. Dudukan mesin atau transmisi rusak
b. Permukaan disc bergelombang
c. Kabel kopling berkarat
d. Pilot bearing rusak
e. Gerakan bebas kopling terlalu kecil
a. Dudukan mesin atau transmisi rusak
b. Keausan pada sambungan pengoperasian kopling
c. Kabel kopling memanjang
d. Pilot bearing rusak
e. Gerakan bebas kopling berlebihan
23. Penyebab gerakan kendaraan yang mengejutkan pada sistem kopling karena �.
a. Dudukan mesin atau transmisi rusak
b. Permukaan disc bergelombang
c. Kabel kopling berkarat
d. Pilot bearing rusak
e. Gerakan bebas kopling terlalu kecil
24. Dibawah ini yang merupakan akibat kebebasan pedal kopling yang terlalu berlebihan
adalah �.
a. Kopling slip, suara berisik yang tak lazim, tidak ada gerakan pada kopling.
b. Kopling bergetar, suara berisik yang tidak lazim
c. Kopling slip, kopling bergetar, tidak ada gerakan pada kopling
d. Gerakan kendaraan yang mengejutkan, tidak ada gerakan kopling, kopling bergetar
e. Suara berisik yang tidak lazim, kopling bergetar, gerakan kendaraan yang mengejutkan
a. Kopling slip, suara berisik yang tak lazim, tidak ada gerakan pada kopling.
b. Kopling bergetar, suara berisik yang tidak lazim
c. Kopling slip, kopling bergetar, tidak ada gerakan pada kopling
d. Gerakan kendaraan yang mengejutkan, tidak ada gerakan kopling, kopling bergetar
e. Suara berisik yang tidak lazim, kopling bergetar, gerakan kendaraan yang mengejutkan
25. Bagian transmisi yang digunakan untuk menghubungkan antara roda gigi disebut...
a. Syncromish
b. Clucth
c. Key Syncromish
d. Garpu pemindah
e. Tuas pemindah
26. Bagian yang digunakan untuk pembagi tetep pada perbandingan putaran roda gigi adalah...
a. Roda gigi transmisi 1
b. Roda gigi transmisi 2
c. Roda gigi transmisi 3
d. Roda gigi transmisi 4
e. Roda gigi transmisi R
a. Syncromish
b. Clucth
c. Key Syncromish
d. Garpu pemindah
e. Tuas pemindah
26. Bagian yang digunakan untuk pembagi tetep pada perbandingan putaran roda gigi adalah...
a. Roda gigi transmisi 1
b. Roda gigi transmisi 2
c. Roda gigi transmisi 3
d. Roda gigi transmisi 4
e. Roda gigi transmisi R
27. Apakah yang dimaksud dengan garpu pemindah...
a. Bagian penghubung roda gigi
b. Bagian penahan roda gigi
c. Bagian penarik syncronish
d. Bagian pembagi roda transmisi
e. Tuas penghubung
a. Bagian penghubung roda gigi
b. Bagian penahan roda gigi
c. Bagian penarik syncronish
d. Bagian pembagi roda transmisi
e. Tuas penghubung
28. Bagian transmisi yang berhubungan dengan poros propeler adalah...
a. Input shaft
b. Output shaft
c. Clutch hub
a. Input shaft
b. Output shaft
c. Clutch hub
d. Bearing
e. Counter
e. Counter
29. Komponen yang berfungsi sebagai meredam hentakan/puntiran saat kopling mulai
menghubungkan/meneruskan putaran dan pada saat akselerasi maupun deselerasi...
a. Clutch Hub
b. Disc Plate
c. Torsion Damper
a. Clutch Hub
b. Disc Plate
c. Torsion Damper
d. Tacing
e. Rivet/ Paku keling
e. Rivet/ Paku keling
30. Pemeriksaan run-out plat kopling dengan roller instrumen dan dil indikator batas maksimal
adalah...
a. 0,6 mm
b. 0,7 mm
c. 0,8 mm
a. 0,6 mm
b. 0,7 mm
c. 0,8 mm
d. 0,9 mm
e. 1 mm
e. 1 mm
31. Yang bukan langkah cara penyetelan kopling secara mekanik adalah....
a. ukur ketebalan pedal kopling yang ada
b. membandingkan dengan ukuran spesifikasi kendaraan tersebut
c. kendorkan mur pengunci pada ujung kabel
d. kendorkan mur penyetel bila jarak kebebasan lebih kecil
e. kendorkan baut bleeder
32. Roda gigi transmisi (transmition gear) berfungsi sebagai....
a. Memutarkan gigi didalam gear box
b. Mengubah output gaya-gaya torsi yang meninggalkan transmisi
c. Untuk memindah gigi atau sinkroniser pada porosnya sehingga memungkinkan gigi untuk
a. Memutarkan gigi didalam gear box
b. Mengubah output gaya-gaya torsi yang meninggalkan transmisi
c. Untuk memindah gigi atau sinkroniser pada porosnya sehingga memungkinkan gigi untuk
dipasang atau dipindah
d. Sebagai dudukan bearing transmisi dan poros-poros serta sebagai wadah oli/pelumas
d. Sebagai dudukan bearing transmisi dan poros-poros serta sebagai wadah oli/pelumas
transmisi
e. Mengurangi gesekan antara permukaan benda yang berputar didalam sistem transmisi
ESSAY
1. Sebutkan beberapa gejala kopling yang mengalami kerusakan dan jelaskan penyebabnya!
2. Sebutkan keuntungan dan kerugian kopling dengan menggunakan pegas diafragma!
3. Apakah fungsi Transmisi pada kendaraan bermotor? Dan apa dampaknya bila kendaraan tanpa
e. Mengurangi gesekan antara permukaan benda yang berputar didalam sistem transmisi
ESSAY
1. Sebutkan beberapa gejala kopling yang mengalami kerusakan dan jelaskan penyebabnya!
2. Sebutkan keuntungan dan kerugian kopling dengan menggunakan pegas diafragma!
3. Apakah fungsi Transmisi pada kendaraan bermotor? Dan apa dampaknya bila kendaraan tanpa
transmisi?
4. Jelaskan komponen transmisi di bawah ini !
a. Transmission input shaft
b. Transmission gear
c. Synchroniser
d. Output shaft
e. Bearing
5. Jelaskan prinsip kerja kopling pada saat terjadi pemindahan gigi transmisi !
4. Jelaskan komponen transmisi di bawah ini !
a. Transmission input shaft
b. Transmission gear
c. Synchroniser
d. Output shaft
e. Bearing
5. Jelaskan prinsip kerja kopling pada saat terjadi pemindahan gigi transmisi !
Demikianlah Artikel Contoh Soal Sistem Transmisi dan jawaban, [ diktrus-otomotif ]
Sekianlah artikel Contoh Soal Sistem Transmisi dan jawaban, [ diktrus-otomotif ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Contoh Soal Sistem Transmisi dan jawaban, [ diktrus-otomotif ] dengan alamat link http://diktrus.blogspot.com/2015/10/contoh-soal-sistem-transmisi-dan.html
0 Response to "Contoh Soal Sistem Transmisi dan jawaban, [ diktrus-otomotif ] "
Posting Komentar