Judul : DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS XI SMA, [ diktrus-otomotif ]
link : DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS XI SMA, [ diktrus-otomotif ]
DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS XI SMA, [ diktrus-otomotif ]
ASALAMUALAIKUM ..
Selamat datang di blog edukasi ini
RPP merupakan salah satu bagian penting dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar,nah untuk itu saya akan membagikan RPP terutama untuk RPP EKONOMI KELAS XI SMA.
silahkan download ldengan link di bawah ini
Download RPP Ekonomi XI
untuk Previewnya :
Selamat datang di blog edukasi ini
RPP merupakan salah satu bagian penting dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar,nah untuk itu saya akan membagikan RPP terutama untuk RPP EKONOMI KELAS XI SMA.
silahkan download ldengan link di bawah ini
Download RPP Ekonomi XI
untuk Previewnya :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1, 2, 3, dan 4
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mengklasifikasi ketenagakerjaan.
3. Indikator : siswa dapat :
� Mendeskripsikan angkatan kerja, tenaga kerja, dan kesempatan kerja.
� Membedakan angkatan kerja, tenaga kerja, dan kesempatan kerja.
� Mendeskripsikan pengangguran.
� Mendeskripsikan upaya peningkatan kualitas kerja.
� Mengidentifikasi jenis-jenis pengangguran dan sebab-sebabnya.
� Mendeskripsikan cara-cara mengatasi masalah pengangguran.
� Mendeskripsikan pasar tenaga kerja.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Ketenagakerjaan
5. Kelas : XI
6. Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Mendeskripsikan angkatan kerja, tenaga kerja, dan kesempatan kerja.
� Membedakan angkatan kerja, tenaga kerja, dan kesempatan kerja.
� Mendeskripsikan pengangguran.
� Mendeskripsikan upaya peningkatan kualitas kerja.
� Mengidentifikasi jenis-jenis pengangguran dan sebab-sebabnya.
� Mendeskripsikan cara-cara mengatasi masalah pengangguran.
� Mendeskripsikan pasar tenaga kerja.
7. Waktu : 8 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
30 meni | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang ketenagakerjaan. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang ketenagakerjaan. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wahyu, Erlangga - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - internet on line - instrumen penilaian. |
290 menit | 1. Guru menjelaskan tentang pengangguran. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa berdiskusi sesuai kelompoknya untuk membahas upaya peningkatan kualitas tenaga kerja, jenis-jenis pengangguran dan cara mengatasinya. 2. Siswa menyampaikan hasil diskusi. | |
40 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 5 dan 6
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tujuan pembangunan ekonomi.
3. Indikator : siswa dapat :
� Mendeskripsikan pengertian dan tujuan pembangunan ekonomi.
� Mengidentifikasi unsur �unsur faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi.
� Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi.
� Mengidentifikasi pembangunan ekonomi negara maju dan negara berkembang.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Pembangunan Ekonomi
5. Kelas : XI
6. Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Mendeskripsikan pengertian dan tujuan pembangunan ekonomi.
� Mengidentifikasi unsur �unsur faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi.
� Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi.
� Mengidentifikasi pembangunan ekonomi negara maju dan negara berkembang.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pembangunan ekonomi. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang pembangunan ekonomi. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru menjelaskan pengertian pengertian dan tujuan pembangunan ekonomi. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa bekerja dalam kelompok. 2. Siswa berdiskusi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi di negara maju dan negara berkembang. 3. Siswa menyampaikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Uraian
�Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 7 dan 8
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi.
3. Indikator : siswa dapat :
� Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
� Mendeskripsikan teori pertumbuhan ekonomi.
� Menghitung laju pertumbuhan ekonomi.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Pertumbuhan Ekonomi
5. Kelas : XI
6.Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
� Mendeskripsikan teori pertumbuhan ekonomi.
� Menghitung laju pertumbuhan ekonomi.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pertumbuhan ekonomi. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang pertumbuhan ekonomi. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru menjelaskan tentang pertumbuhan ekonomi dan perbedaannya dengan pembangunan ekonomi, serta cara menghitung laju pertumbuhan ekonomi. | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru tentang pertumbuhan ekonomi dan perbedaannya dengan pembangunan ekonomi, serta cara menghitung laju pertumbuhan ekonomi. 2. Siswa menyelesaikan soal yang diberikan. | |
30 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 9 dan 10
Nama : Kasmadi
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional.
3. Indikator : siswa dapat :
� Mengidentifikasi dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi yang dialami di Indonesia.
4. Materi Pokok/Pembelajaran:Dampak pengangguran terhadap Pembangunan Ekonomi.
5. Kelas : XI
6. Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Mengidentifikasi dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi yang dialami di Indonesia.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru mengamati kinerja siswa. 2. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa berkerja dalam kelompok. 2. Siswa berdiskusi mengenai dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi yang dialami di Indonesia. 3. Siswa menyampaikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
�Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 11 dan 12
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD
2. Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD.
3. Indikator : siswa dapat :
� Menguraikan arti, fungsi dan tujuan APBN dan APBD.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: APBN dan APBD
5. Kelas : XI
6. Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Menguraikan arti, fungsi dan tujuan APBN dan APBD.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang APBN dan APBD. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang APBN dan APBD. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru mengamati kinerja siswa. 2. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa berkerja dalam kelompok. 2. Siswa mendiskusikan tentang fungsi dan tujuan APBN dan APBD. 3. Siswa menyampaikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1 dan 14
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
3. Indikator : siswa dapat :
� Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan daerah.
� Menguraikan pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian.
� Membedakan APBN model baru dan model lama.
� Mendeskripsikan cara penyusunan APBN.
� Mendeskripsikan cara pengelolaan APBN.
� Mendeskripsikan pertanggungjawaban pengelolaan APBN.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Sumber APBN dan APBD.
5. Kelas : XI
6. Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan daerah.
� Menguraikan pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian.
� Membedakan APBN model baru dan model lama.
� Mendeskripsikan cara penyusunan APBN.
� Mendeskripsikan cara pengelolaan APBN.
� Mendeskripsikan pertanggungjawaban pengelolaan APBN.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru menjelaskan perbedaan APBN model baru dan model lama. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa berkerja dalam kelompok. 2. Siswa mendiskusikan tentang cara penyusunan, pengelolaan dan pertanggungjawaban pengelolaan APBN. 3. Siswa menyampaikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 25, 26, 27, dan 28
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal.
3. Indikator : siswa dapat :
� Mendeskripsikan pengertian pajak dan fungsinya.
� Mengidentifikasi pajak dan pungutan resmi lainnya sebagai sumber pendapatan negara dan daerah.
� Menghitung pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Kebijakan Fiskal
5. Kelas : XI
6. Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Mendeskripsikan pengertian pajak dan fungsinya.
� Mengidentifikasi pajak dan pungutan resmi lainnya sebagai sumber pendapatan negara dan daerah.
� Menghitung pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan.
7. Waktu : 8 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
30 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pajak. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang pajak. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
290 menit | 1. Guru menjelaskan tentang kebijakan fiskal. 2. Guru menjelaskan cara menghitung pajak penghasilan serta pajak bumi dan bangunan | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru tentang kebijakan fiskal. Cara menghitung PPH dan PBB. 2. Menyelesaikan soal-soal perhitungan PPH dan PBB. | |
40 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 29 dan 30
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
3. Indikator : siswa dapat :
� Menunjukan jenis pembelanjaan pemerintah pusat dan daerah.
� Mendeskripsikan kebijakan anggaran.
� Mengidentifikasikan sasaran dan macam-macam kebijakan anggaran.
� Mengkorelasikan hubungan kebijakan anggaran dengan neraca pembayaran.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Pengeluaran Pemerintah
5. Kelas : XI
6. Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Menunjukan jenis pembelanjaan pemerintah pusat dan daerah.
� Mendeskripsikan kebijakan anggaran.
� Mengidentifikasikan sasaran dan macam-macam kebijakan anggaran.
� Mengkorelasikan hubungan kebijakan anggaran dengan neraca pembayaran.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pembelanjaan pemerintah pusat dan daerah. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang pembelanjaan pemerintah pusat dan daerah. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru menjelaskan tentang Neraca pembayaran. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru tentang Neraca pembayaran. 2. Siswa berkerja dalam kelompok. 3. Siswa mendiskusikan tentang kebijakan anggaran, yaitu sasaran dan macam-macam kebijakan anggaran. 4. Siswa menyampaikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 31 dan 32
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Mengenal Pasar Modal
2. Kompetensi Dasar : Mengenal jenis produk dalam bursa efek.
3. Indikator : siswa dapat :
� Mendeskripsikan konsep pasar modal.
� Mendeskripsikan jenis produk dalam pasar modal.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Pasar Modal
5. Kelas : XI
6. Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Mendeskripsikan konsep pasar modal.
� Mendeskripsikan jenis produk dalam pasar modal.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pasarmodal. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang pasar modal. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru menjelaskan tentang Pasar modal. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru tentang pasar modal. 2. Siswa berkerja dalam kelompok. 3. Siswa berdiskusi mengenai pasar modal dan produk yang diperjual belikan. 4. Siswa menyampaikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
�Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 33 dan 34
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 85 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Mengenal Pasar Modal
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek.
3. Indikator : siswa dapat :
� Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek.
� Membedakan pasar modal dengan pasar uang.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Pasar Modal
5. Kelas : XI
6. Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek.
� Membedakan pasar modal dengan pasar uang.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang beda pasar modal dengan pasar uang. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang beda pasar modal dengan pasar uang. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru menjelaskan pengertian pasar uang dan mekanisme kerja pasar modal. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru tentang pasar uang dan mekanisme kerja pasar modal. 2. Siswa berkerja dalam kelompok. 3. Siswa berdiskusi mengenai mekanisme pasar modal. 4. Siswa menyampaikan hasil diskusi. . | |
30 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 35, 36, 37, dan 38
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 85 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami Perekonomian Terbuka
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional.
3. Indikator : siswa dapat :
� Mendeskripsikan pengertian perdagangan internasional.
� Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.
� Menguraikan konsep keunggulan absolut (mutlak) dan keunggulan komparatif.
� Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang perdagangan internasional.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Perdagangan Internasional
5. Kelas : XI
6. Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Mendeskripsikan pengertian perdagangan internasional.
� Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.
� Menguraikan konsep keunggulan absolut (mutlak) dan keunggulan komparatif.
� Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang perdagangan internasional.
7. Waktu : 8 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
30 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang perdagangan internasional. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang perdagangan internasional. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
290 menit | 1. Guru menjelaskan pengertian dan perhitungan keunggulan absolut dan keunggulan komparatif. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru tentang keuggulan mutlak dan keunggulan komparatif serta perhitungannya. 2. Siswa berkerja dalam kelompok. 3. Siswa berdiskusi mengenai manfaat dan faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. 4. Siswa menyampaikan hasil diskusi. | |
40 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
�Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 39,40, 41, dan 42
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami Perekonomian Terbuka
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan neraca pembayaran.
3. Indikator : siswa dapat :
� Mengidentifikasi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya.
� Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
� Menguraikan sebab-sebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing.
� Menghitung nilai tukar suatu valuta berdasarkan kurs yang berlaku.
� Mendeskripsikan konsep neraca pembayaran.
� Mengelompokkan komponen-komponen neraca pembayaran dan neraca perdagangan.
� Mendeskripsikan dampak neraca pembayaran terhadap perekonomian suatu negara.
� Menghitung neraca pembayaran surplus dan defisit.
� Mendeskripsikan kebutuhan hutang luar negeri.
� Mendeskripsikan pengelolaan hutang luar negeri.
� Menguraikan kebaikan dan keburukan utang luar negeri bagi Indonesia.
4.Materi Pokok/Pembelajaran: Kurs Valuta Asing
5. Kelas : XI
6. Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Mengidentifikasi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya.
� Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
� Menguraikan sebab-sebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing.
� Menghitung nilai tukar suatu valuta berdasarkan kurs yang berlaku.
� Mendeskripsikan konsep neraca pembayaran.
� Mengelompokkan komponen-komponen neraca pembayaran dan neraca perdagangan.
� Mendeskripsikan dampak neraca pembayaran terhadap perekonomian suatu negara.
� Menghitung neraca pembayaran surplus dan defisit.
� Mendeskripsikan kebutuhan hutang luar negeri.
� Mendeskripsikan pengelolaan hutang luar negeri.
� Menguraikan kebaikan dan keburukan utang luar negeri bagi Indonesia.
7. Waktu : 8 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
30 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang kurs valuta asing. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang kurs valuta asing. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
290 menit | 1. Guru menjelaskan tentang konsep dan komponen-komponen neraca pembayaran dan perbedaannya dengan neraca perdagangan serta perhitungan kurs valuta asing terhadap mata uang sendiri. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa berkerja dalam kelompok. 2. Siswa berdiskusi mengenai faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan nilai tukar rupiah dan dampak neraca pembayaran terhadap perekonomian suatu negara. 3. Siswa menyampaikan hasil diskusi. | |
40 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 43 dan 44
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami Perekonomian Terbuka
2. Kompetensi Dasar : Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping.
3. Indikator : siswa dapat :
� Mendeskripsikan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping.
5. Kelas : XI
6. Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Mendeskripsikan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang kebijakan-kebijakan perdagangan internasional. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang kebijakan-kebijakan perdagangan internasional. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru mengamati kinerja siswa. 2. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa berkerja dalam kelompok. 2. Siswa berdiskusi tentang kebijakan- kebijakan perdagangan internasional. 3. Siswa menyampaikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda
� Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 45 dan 46
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami Perekonomian Terbuka
2. Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya.
3. Indikator : siswa dapat :
� Mendeskripsikan pengertian dan fungsi devisa.
� Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Devisa
5. Kelas : XI
6. Sasaran Hasil Belajar, siswa dapat :
� Mendeskripsikan pengertian dan fungsi devisa.
� Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawaban-jawaban siswa tentang pengertian dan fungsi devisa. | 1. Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang pengertian dan fungsi devisa. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru menjelaskan pengertian dan fungsi devisa, serta alat-alat pembayaran internasional. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil kerja siswa. | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama penjelasan guru tentang pengertian dan fungsi devisa, serta alat-alat pembayaran internasional. 2. Siswa berkerja dalam kelompok. 3. Mencari data di internet tentang alat-alat pembayaran internasional lainnya. | |
30 menit | 1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
Demikianlah Artikel DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS XI SMA, [ diktrus-otomotif ]
Sekianlah artikel DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS XI SMA, [ diktrus-otomotif ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS XI SMA, [ diktrus-otomotif ] dengan alamat link http://diktrus.blogspot.com/2015/10/download-rpp-ekonomi-kelas-xi-sma.html
0 Response to "DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS XI SMA, [ diktrus-otomotif ] "
Posting Komentar