DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ]

DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ] - Hallo sobat blogger Pendidikan, Posting yang saya unggah pada kali ini dengan judul DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ] , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kumpulan RPP, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ]
link : DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ]

Baca juga


DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ]

Rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pelaksanaaan pembelajaran sangat perlu di lakukan guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ketika pendidikan yang didapat oleh para siswa itu sangat baik, maka diharapkan siswa mendapatkan hasil yang baik juga, seperti halnya tujuan pendidikan nasional, yakni �untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab
untuk itu saya akan membagikan RPP EKONOMI KELAS X SMA
silahkan bisa download di bawah ini :
 DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA untuk semester 1 dan 2

untuk Previewnya Seperti ini :
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pertemuan ke 1

Nama                             : Kasmadi S.Pd
Sekolah                           : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran                  : Ekonomi


1. Standar Kompetensi      : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem
                                            Ekonomi
                                                                           
2. Kompetensi Dasar         :  Mengidentifikasi kebutuhan manusia.

3. Indikator                    : siswa dapat :
Mendeskripsikan pengertian kebutuhan    manusia.
Menjelaskan pembagian jenis kebutuhan.
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.

4. Materi Pokok/Pembelajaran: Kebutuhan Manusia.

5. Kelas/Semester            : X/1

6. Sasaran Hasil Belajar, Siswa dapat :
               Mendeskripsikan pengertian kebutuhan manusia.
Menjelaskan pembagian jenis kebutuhan.
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.

7. Waktu                         : 2 X 45 Menit

8. Perangkat ICT/             :  -  LCD
                                             -  Laptop
                                          -  CD pembelajaran

  9. URL                               :  - http://www.e-dukasi.net/mol/datafitur/modul-online


10. Syarat mutlak keterampilan ICT :Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, Word, dan Excell.
                                                
11. Persiapan Sebelum KBM :  -  Menyiapkan Silabus
                                         - Menyiapkan RPP
                                          - Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik.


12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :

WAKTU
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
Bahan /Peralatan/
Sumber
10 menit
Apersepsi

Guru merangkum jawaban-jawaban siswa yang mendekati kebenaran, tentang kebutuhan.









Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang kebutuhan.



- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket  Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.

60 menit
Guru menjelaskan jawaban-jawaban siswa , tentang kebutuhan dan sekaligus  membuat bagan pembagiannya.

Siswa memperhatikan penjelasan dari guru dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
Siswa mencari informasi lainnya tentang kebutuhan, baik pembagiannya maupun faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.







20 menit
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
Post tes

1.Siswa  bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut.
2.  Post tes





13. PENILAIAN
   Kriteria Ketuntasan Minimal             : 75 %
   Tipe Tagihan / Penilaian                 : Kognitif dan Afetif
   Bentuk Tagihan / Penilaian              : Uraian
   Jenis Tagihan / Penilaian                 :Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester

Mengetahui:                                                   Jakarta,  30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74                                           Guru Bidang Studi



Drs. H. Arphan Lubis                                               Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792                                                 NIP. 470069901



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 2

Nama                             : Kasmadi S.Pd
Sekolah                           : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran                  : Ekonomi


1. Standar Kompetensi     : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem                                                                                           ekonomi 
                                       
2. Kompetensi Dasar         : Mendeskripsikan  berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhana manusia yang tidak terbatas.

3. Indikator                    : siswa dapat :
                                       
Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
Menentukan faktor-faktor penyebab kelangkaan sumber ekonomi.
Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan   manfaat bagi rakyat banyak.

4. Materi Pokok/Pembelajaran: Sumber ekonomi yang langka

5. Kelas/Semester            : X/1

6. Sasaran Hasil Belajar, Siswa dapat :
Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
Menentukan faktor-faktor penyebab kelangkaan sumber ekonomi.
Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.

7. Waktu                         : 2 X 45 Menit

8. Perangkat ICT/             : - LCD
                                            - Laptop
                                        - CD pembelajaran



9. URL                            :  - http://www.e-dukasi.net/mol/datafitur/modul-online

10. Syarat mutlak keterampilan ICT: - Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, Word, dan Excell.
  
11. Persiapan Sebelum KBM :  - Menyiapkan Silabus
                                             - Menyiapkan RPP
                                            - Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik.

12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :

WAKTU
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
Bahan /Peralatan/
Sumber
10 menit

Apersepsi
Guru merangkum jawaban-jawaban siswa yang mendekati kebenaran, tentang kelangkaan.










Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang kelangkaan.



- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket  Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.

60 menit

Guru menjelaskan tentang Penyebab kelangkaan dan Sumber daya alam yang dapat diperbaharui serta yang tidak dapat diperbaharui

Siswa memperhatikan penjelasan dari guru dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
Siswa mencari informasi lainnya tentang kelangkaan dan faktor-faktor penyebab kelagkaan.



20 menit
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
Post tes

Siswa  bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut.

Post tes






13. PENILAIAN
   Kriteria Ketuntasan Minimal             : 70 %
   Tipe Tagihan / Penilaian                 : Kognitif dan Afetif
   Bentuk Tagihan / Penilaian              : Uraian
   Jenis Tagihan / Penilaian                 :Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester


Mengetahui:                                                   Jakarta,  30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74                                           Guru Bidang Studi



Drs. H. Arphan Lubis                                               Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792                                                 NIP. 470069901








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 3

Nama                             : Kasmadi S.Pd
Sekolah                           : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran                  : Ekonomi


1. Standar Kompetensi     : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem                                                                                           ekonomi              

2. Kompetensi Dasar         :  Mengidentifikasi Masalah pokok ekonomi , yaitu tentang apa,    bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi dibidang lain.

3. Indikator                    : siswa dapat :
Menjelaskan masalah pokok ekonomi.
Membedakan masalah pokok ekonomi tradisional &    modern.

4. Materi Pokok/Pembelajaran: Masalah pokok ekonomi

5. Kelas/Semester            : X /1

6. Sasaran Hasil Belajar, Siswa dapat :
Menjelaskan masalah pokok ekonomi.
Membedakan masalah pokok ekonomi tradisional &    modern.

7. Waktu                         : 2 X 45 Menit
8. Perangkat ICT/             : - LCD
                                            - Laptop
                                        - CD pembelajaran
9. URL                            :  - http://www.e-dukasi.net/mol/datafitur/modul-online

10. Syarat mutlak keterampilan ICT: - Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, Word, dan Excell.
        

     
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
                                           - Menyiapkan RPP
                                            - Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik.

12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :

WAKTU
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
Bahan /Peralatan/
Sumber
10 menit

Apersepsi

Guru merangkum jawaban-jawaban siswa yang mendekati kebenaran, tentang masalah pokok ekonomi.










Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang masalah pokok ekonomi.



- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket  Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.

60 menit
Guru mengamati kinerja siswa.

Guru menanggapi hasil kerja kelompok

Siswa berkerja dalam kelompok.
Siswa berdiskusi mengenai masalah pokok ekonomi klasik dan modern, serta membuat kesimpulan.
Siswa menyampaikan hasil diskusi.




20 menit
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
Post tes

Siswa  bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut.

Post tes




13. PENILAIAN
   Kriteria Ketuntasan Minimal             : 60 %
   Tipe Tagihan / Penilaian                 : Kognitif dan Afetif
   Bentuk Tagihan / Penilaian              : Pilihan ganda dan Uraian
   Jenis Tagihan / Penilaian                 :Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester




Mengetahui:                                                   Jakarta,  30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74                                           Guru Bidang Studi



Drs. H. Arphan Lubis                                               Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792                                                 NIP. 470069901













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 4

Nama                             : Kasmadi S.Pd
Sekolah                           : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran                  : Ekonomi


1. Standar Kompetensi     : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem                                                                                           ekonomi             

2. Kompetensi Dasar             :  Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi.

3. Indikator                    : siswa dapat :           
               Menjelaskan pengertian diagram peluang.
               Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi dibidang lain.
               Perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.

4. Materi Pokok/Pembelajaran: Hilangnya kesempatan kerja.

5. Kelas/Semester            : X /1

6. Sasaran Hasil Belajar, Siswa dapat :
               Menjelaskan pengertian diagram peluang.
               Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi dibidang lain.
               Perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.

7. Waktu                         : 2 X 45 Menit
8. Perangkat ICT/             : - LCD
                                            - Laptop
                                            - CD pembelajaran
9. URL                            :  - http://www.e-dukasi.net/mol/datafitur/modul-online


10. Syarat mutlak keterampilan ICT   : - Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, Word, dan Excell.  
 11. Persiapan Sebelum KBM :   - Menyiapkan Silabus
                                            - Menyiapkan RPP
                                            - Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik.

12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :

WAKTU
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
Bahan /Peralatan/
Sumber
10 menit
Apersepsi
Guru merangkum jawaban-jawaban siswa yang mendekati kebenaran, tentang biaya peluang dan perbedaannya dengan biaya sehari-hari.








Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang biaya peluang dan perbedaannya dengan biaya sehari-hari.



- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket  Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.

60 menit
Guru mengamati kinerja siswa
Guru menanggapi hasil kerja kelompok

Siswa berkerja dalam kelompok
Siswa berdiskusi tentang biaya peluang dan biaya sehari-hari.
Siswa menyampaikan hasil diskusi




20 menit
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
Post tes

Siswa  bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut.

Post tes




13. PENILAIAN
   Kriteria Ketuntasan Minimal             : 75 %
   Tipe Tagihan / Penilaian                 : Kognitif dan Afetif
   Bentuk Tagihan / Penilaian              : Pilihan ganda dan Uraian
   Jenis Tagihan / Penilaian                 :Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester




Mengetahui:                                                   Jakarta,  30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74                                           Guru Bidang Studi



Drs. H. Arphan Lubis                                               Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792                                                 NIP. 470069901












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 5

Nama                             : Kasmadi S.Pd
Sekolah                           : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran                  : Ekonomi


1. Standar Kompetensi     : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem                                                                                           ekonomi             
2. Kompetensi Dasar         :  Mengidentifikasi  sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
3. Indikator                    : siswa dapat :
               Mendefinisikan sistem ekonomi dan tujuannya.
               Mengetahui berbagai sistem ekonomi.
               Membedakan ciri-ciri berbagai sistem ekonomi.
               Mengetahui kebaikan dan keburukan berbagai sistem ekonomi.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Sistem Ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
5. Kelas/Semester            : X/1
6. Sasaran Hasil Belajar, Siswa dapat :
               Mendefinisikan sistem ekonomi dan tujuannya.
               Mengetahui berbagai sistem ekonomi.
               Membedakan ciri-ciri berbagai sistem ekonomi.
               Mengetahui kebaikan dan keburukan berbagai sistem ekonomi.
7. Waktu                         : 2 X 45 Menit
8. Perangkat ICT/             : - LCD
                                        - Laptop
                                        - CD pembelajaran
9. URL                            :  - http://www.e-dukasi.net/mol/datafitur/modul-online

10. Syarat mutlak keterampilan ICT   : - Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, Word, dan Excell.


 11. Persiapan Sebelum KBM :   - Menyiapkan Silabus
                                            - Menyiapkan RPP                                                                                                                 - Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik.

12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :

WAKTU
METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
Bahan /Peralatan/
Sumber
10 menit

Apersepsi
Guru merangkum jawaban-jawaban siswa yang mendekati kebenaran, tentang sistem ekonomi.










Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang sistem ekonomi.



- LCD
- komputer/laptop
- bahan presentasi
- Buku paket  Ekonomi, Drs. Alam S,Esis
- Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama
- Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum
- LKS
- Modul
- CD pembelajaran
- internet on line
- instrumen penilaian.

60 menit

Guru memandu dan mengamati kerja siswa.
Guru mengarahkan  siswa supaya semua berperan aktif.


Siswa dibagi dalam kelompok diskusi .
Siswa membuat laporan kelompok tentang sistem ekonomi.




20 menit
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut.
Post tes

Siswa  bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut.
Post tes


13. PENILAIAN
   Kriteria Ketuntasan Minimal             : 75 %
   Tipe Tagihan / Penilaian                 : Kognitif dan Afetif
   Bentuk Tagihan / Penilaian              : Pilihan ganda dan Uraian
   Jenis Tagihan / Penilaian                 :Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester




Mengetahui:                                                   Jakarta,  30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74                                           Guru Bidang Studi



Drs. H. Arphan Lubis                                               Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792                                                 NIP. 470069901

















Demikianlah Artikel DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ]

Sekianlah artikel DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ] dengan alamat link http://diktrus.blogspot.com/2015/10/download-rpp-ekonomi-kelas-x-sma.html

0 Response to "DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ] "

Posting Komentar