Judul : DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ]
link : DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ]
DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ]
Rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pelaksanaaan pembelajaran sangat perlu di lakukan guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ketika pendidikan yang didapat oleh para siswa itu sangat baik, maka diharapkan siswa mendapatkan hasil yang baik juga, seperti halnya tujuan pendidikan nasional, yakni �untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab
untuk itu saya akan membagikan RPP EKONOMI KELAS X SMA
silahkan bisa download di bawah ini :
DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA untuk semester 1 dan 2
untuk Previewnya Seperti ini :
untuk itu saya akan membagikan RPP EKONOMI KELAS X SMA
silahkan bisa download di bawah ini :
DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA untuk semester 1 dan 2
untuk Previewnya Seperti ini :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem
Ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
3. Indikator : siswa dapat :
Mendeskripsikan pengertian kebutuhan manusia.
Menjelaskan pembagian jenis kebutuhan.
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Kebutuhan Manusia.
5. Kelas/Semester : X/1
6. Sasaran Hasil Belajar, Siswa dapat :
� Mendeskripsikan pengertian kebutuhan manusia.
Menjelaskan pembagian jenis kebutuhan.
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.
7. Waktu : 2 X 45 Menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT :Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, Word, dan Excell.
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik.
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
10 menit | Apersepsi Guru merangkum jawaban-jawaban siswa yang mendekati kebenaran, tentang kebutuhan. | Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang kebutuhan. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
60 menit | Guru menjelaskan jawaban-jawaban siswa , tentang kebutuhan dan sekaligus membuat bagan pembagiannya. | Siswa memperhatikan penjelasan dari guru dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti. Siswa mencari informasi lainnya tentang kebutuhan, baik pembagiannya maupun faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan. | |
20 menit | Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. Post tes | 1.Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afetif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian :Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 2
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhana manusia yang tidak terbatas.
3. Indikator : siswa dapat :
Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
Menentukan faktor-faktor penyebab kelangkaan sumber ekonomi.
Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Sumber ekonomi yang langka
5. Kelas/Semester : X/1
6. Sasaran Hasil Belajar, Siswa dapat :
Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
Menentukan faktor-faktor penyebab kelangkaan sumber ekonomi.
Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
7. Waktu : 2 X 45 Menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT: - Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, Word, dan Excell.
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik.
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
10 menit | Apersepsi Guru merangkum jawaban-jawaban siswa yang mendekati kebenaran, tentang kelangkaan. | Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang kelangkaan. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
60 menit | Guru menjelaskan tentang Penyebab kelangkaan dan Sumber daya alam yang dapat diperbaharui serta yang tidak dapat diperbaharui | Siswa memperhatikan penjelasan dari guru dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti. Siswa mencari informasi lainnya tentang kelangkaan dan faktor-faktor penyebab kelagkaan. | |
20 menit | Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. Post tes | Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 70 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afetif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian :Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 3
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi Masalah pokok ekonomi , yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi dibidang lain.
3. Indikator : siswa dapat :
Menjelaskan masalah pokok ekonomi.
Membedakan masalah pokok ekonomi tradisional & modern.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Masalah pokok ekonomi
5. Kelas/Semester : X /1
6. Sasaran Hasil Belajar, Siswa dapat :
Menjelaskan masalah pokok ekonomi.
Membedakan masalah pokok ekonomi tradisional & modern.
7. Waktu : 2 X 45 Menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT: - Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, Word, dan Excell.
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik.
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
10 menit | Apersepsi Guru merangkum jawaban-jawaban siswa yang mendekati kebenaran, tentang masalah pokok ekonomi. | Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang masalah pokok ekonomi. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
60 menit | Guru mengamati kinerja siswa. Guru menanggapi hasil kerja kelompok | Siswa berkerja dalam kelompok. Siswa berdiskusi mengenai masalah pokok ekonomi klasik dan modern, serta membuat kesimpulan. Siswa menyampaikan hasil diskusi. | |
20 menit | Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. Post tes | Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 60 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afetif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan ganda dan Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian :Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 4
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi.
3. Indikator : siswa dapat :
� Menjelaskan pengertian diagram peluang.
� Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi dibidang lain.
� Perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Hilangnya kesempatan kerja.
5. Kelas/Semester : X /1
6. Sasaran Hasil Belajar, Siswa dapat :
� Menjelaskan pengertian diagram peluang.
� Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi dibidang lain.
� Perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.
7. Waktu : 2 X 45 Menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : - Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, Word, dan Excell.
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik.
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
10 menit | Apersepsi Guru merangkum jawaban-jawaban siswa yang mendekati kebenaran, tentang biaya peluang dan perbedaannya dengan biaya sehari-hari. | Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang biaya peluang dan perbedaannya dengan biaya sehari-hari. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
60 menit | Guru mengamati kinerja siswa Guru menanggapi hasil kerja kelompok | Siswa berkerja dalam kelompok Siswa berdiskusi tentang biaya peluang dan biaya sehari-hari. Siswa menyampaikan hasil diskusi | |
20 menit | Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. Post tes | Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afetif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan ganda dan Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian :Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 5
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : SMA Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
3. Indikator : siswa dapat :
� Mendefinisikan sistem ekonomi dan tujuannya.
� Mengetahui berbagai sistem ekonomi.
� Membedakan ciri-ciri berbagai sistem ekonomi.
� Mengetahui kebaikan dan keburukan berbagai sistem ekonomi.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Sistem Ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
5. Kelas/Semester : X/1
6. Sasaran Hasil Belajar, Siswa dapat :
� Mendefinisikan sistem ekonomi dan tujuannya.
� Mengetahui berbagai sistem ekonomi.
� Membedakan ciri-ciri berbagai sistem ekonomi.
� Mengetahui kebaikan dan keburukan berbagai sistem ekonomi.
7. Waktu : 2 X 45 Menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : - Siswa mampu mengoperasikan internet, power point, Word, dan Excell.
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP - Memeriksa semua peralatan dapat berfungsi baik.
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
10 menit | Apersepsi Guru merangkum jawaban-jawaban siswa yang mendekati kebenaran, tentang sistem ekonomi. | Siswa menjawab pertanyaan guru, tentang sistem ekonomi. | - LCD - komputer/laptop - bahan presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
60 menit | Guru memandu dan mengamati kerja siswa. Guru mengarahkan siswa supaya semua berperan aktif. | Siswa dibagi dalam kelompok diskusi . Siswa membuat laporan kelompok tentang sistem ekonomi. | |
20 menit | Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. Post tes | Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. Post tes |
13. PENILAIAN
� Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
� Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afetif
� Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan ganda dan Uraian
� Jenis Tagihan / Penilaian :Tugas individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala SMA Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
Demikianlah Artikel DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ]
Sekianlah artikel DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ] dengan alamat link http://diktrus.blogspot.com/2015/10/download-rpp-ekonomi-kelas-x-sma.html
0 Response to "DOWNLOAD RPP EKONOMI KELAS X SMA, [ diktrus-otomotif ] "
Posting Komentar