Pentingnya Kalibrasi GPS, [ DIKTRUS ]

Pentingnya Kalibrasi GPS, [ DIKTRUS ] - Hallo sobat blogger Pendidikan, Posting yang saya unggah pada kali ini dengan judul Pentingnya Kalibrasi GPS, [ DIKTRUS ] , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ipa, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pentingnya Kalibrasi GPS, [ DIKTRUS ]
link : Pentingnya Kalibrasi GPS, [ DIKTRUS ]

Baca juga


Pentingnya Kalibrasi GPS, [ DIKTRUS ]

Alat sering dibawa berpindah-pindah dalam jarak yang cukup signifikan (lebih dari 160 km). Untuk menyesuaikan dengan kondisi lokala yang baru didatangi tentu perlu dilakukan kalibrasi ulang dari alat tersebut. Yang perlu dikalibrasi adalah :
a) kompas GPS.
b) Altimeter GPS.
Prinsip kalibrasi kompas pada Garmin adalah dengan melakukan putaran 2 kali secara pelan-pelan ke arah kanan. Dan GPS akan mengkalkulasi sinyal dari satelit stasioner di atasnya, untuk menentukan arah kompas dengan benar. Caranya tampilkan page/halaman kompas dengan menekan beberapa kali tombol page. Akan muncul di layar halaman seperti berikut :



Kemudian tekan tombol menu, akan ada beberapa option atau pilihan dalam halaman kompas ini, pilih Calibrate Compass



Akan diminta untuk mengikuti petunjuk yang muncul di layar, berputar sebanyak 2 kali secara perlahan-lahan. Setelah melakukan apa yang diminta oleh GPS maka GPS akan memberikan respon apakah kalibrasi anda berhasil atau tidak. Jika tidak anda perlu mengulangi putaran di tempat, di satu titik, mungkin dengan sedikit lebih pelan lagi. Untuk kalibrasi altimeter lebih mudah lagi dilakukan yaitu dengan

memberikan nilai elevasi absolut yang anda ketahui. Tampilkan layar altimeter dengan menekan tombol page beberapa kali.
Anda akan memperoleh pertanyaan, apakah anda tahu informasi ketinggian yang tepat, jika tahu pilih yes, tekan tombol Enter, dan isikan data ketinggian yang anda ketahui, dan tekan tombol Enter. Kalibrasi altimeter selesai.



Tetapi jika tidak diketahui data ketinggian, sementra anda perlu mengkoreksi data elevasi di lokasi survey anda tersebut; jawabannya adalah kalibrasikan ketinggian anda di pantai.
Pantai merupakan wilayah dimana nol meter berada. Untuk memperoleh nol meter, anda perlu mengetahui posisi surut terendah dan posisi pasang tertinggi. Dengan assumsi bahwa kelandaian pantai relatif sama maka anda hanya perlu mengukur jarak antara titik posisi surut terendah hingga titik posisi pasang tertinggi, kemudian dibagi dua, ketemu titik tengah yang berada di tengah-tengah antara titik surut dan titik pasang dengan panjang jarak yang sama baik dari titik surut ataupun titik pasang, dan kemudian kalibrasikan altimeter GPS anda di titik tersebut dengan melakukan langkah :

a) Tampilkan page altimeter.
b) Tekan tombol menu sekali, pilih calibrate altimeter dengan mengarahkan hihglight kuning
    ke tulisan calibrate altimeter, dengan menenkan tombol rocker pad. Tekan Enter.
c) Isikan Yes jika ada pertanyaan, apakah anda mengetahui ketinggian tempat. Isikan nilai
    0 pada isian. Tekan Enter, kalibrasi altimeter anda telah selesai.

Anda sudah dapat menggunakan GPS anda, baik itu membuat waypoint marking ataupun melakukan tracking. Sebuah catatan untuk kalibrasi, baik itu kalibrasi kompas ataupun ketinggian. Kalibrasi tidak hanya dilakukan jika kita berpindah tempat dengan jarak yang signifikan, tetapi kalibrasi juga dilakukan jika GPS mengalami perubahan suhu yang ekstrim.

Hal lain yang perlu diperhatikan dan dilakukan adalah setting unit yang dipakai dalam GPS anda, setting unit ini adalah memberikan status nilai untuk koordinat datum, unit ukuran dan lain-lain. Untuk melakukan setting unit ini, akses SETUP melalui menu utama/Main Menu.


Setelah anda tekan tombol Enter arahkan highlight ke tulisan Unit untuk mengakses page/ halaman Unit. Muncul isian di halaman tersebut antara lain :
a) Positian format, untuk mengubah isian koordinatnya turunkan highlight kuning ke box di sebelah position format, anda tekan enter pilih deangan mengarahkan highlight kuning ke format degree atau metrik, format ini adalah format umum yang digunakan di Indonesia. Ddd mmm sss, ddd mmm,mmm, atau metric (UTM) merupakan contoh model formatnya. Untuk memilihnya tekan Enter.

b) Datum, untuk mengubah isian datum, arahkan highlight ke box di sebelah datum, kemudian tekan enter dan arahkan highlight pilih WGS 84, dan tekan enter lagi untuk mensetupnya. WGS 84 merupakan datum yang digunakan di Indonesia.


Demikianlah Artikel Pentingnya Kalibrasi GPS, [ DIKTRUS ]

Sekianlah artikel Pentingnya Kalibrasi GPS, [ DIKTRUS ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pentingnya Kalibrasi GPS, [ DIKTRUS ] dengan alamat link http://diktrus.blogspot.com/2015/03/pentingnya-kalibrasi-gps-diktrus.html

0 Response to "Pentingnya Kalibrasi GPS, [ DIKTRUS ] "

Posting Komentar